Inilah Jejak Jatuhnya Meteor di Indonesia (2)

Vina Nurul Iklima
(IST)

INILAH.COM, Jakarta – Dentuman meteor di Giayar Bali, 2008 lalu cukup keras. Namun, efeknya tidak separah ledakan meteor di Duren Sawit yang memporak-porandakan tiga rumah warga.

Meteor di Gianyar

1 Januari 2008 Sebuah benda asing yang diduga meteor jatuh di areal persawahan di Desa Sukawati, Gianyar, Bali. Benda asing yang jatuh di areal persawahan Desa Sukawati, Gianyar, Bali ternyata tiga buah benda berbentuk batu kerikil dan berwarna coklat.

Sekitar pukul 00:30 WITA Ida Ayu Made Puspa, Wayan Rajin, Nyoman Warta dan penduduk lainnya di Banjar Gelumpang, Sukawati, Kabupaten Gianyar (Bali), mendengar dentuman keras yang menyertai kilatan sinar turun dari langit, yang selanjutnya menghilang di tengah persawahan. Keesokan harinya di tengah sawah milik Nyoman Miasa ditemukan kubangan sedalam 30 cm dengan diameter 110 cm yang terisi air dan tepiannya dibatasi tanggul alami.

Penyelidikan aparat kepolisian sektor Sukawati menemukan 3 serpihan mirip batu apung di sekitar kubangan. Analisis Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri Cabang Denpasar menunjukkan serpihan tersebut didominasi senyawa silikat. Benda ini membuat kubangan berdiameter satu meter dan kedalaman 30 sentimeter.

Namun, kondisi fisik di sekitar kubangan yang tidak menunjukkan adanya kerusakan atau bekas lemparan akibat benda keras yang ditunjukkan oleh tidak rusaknya tanaman padi di sekitar kubangan, maka Puslabfor menyimpulkan tidak ada faktor pendukung kubangan tersebut berkaitan dengan suara ledakan sebagaimana yang diinformasikan oleh masyarakat setempat. Kapolsek Sukawati AKP Ida Bagus Wedanajati mengatakan jatuhnya benda asing yang diduga meteor di area persawahan Desa Sukawati, Gianyar, Bali tidak menimbulkan radiasi dan korban jiwa. [bersambung/ikl]

One Response to Inilah Jejak Jatuhnya Meteor di Indonesia (2)

  1. Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
    Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Wisata kepulau Bali”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan tolong dikomentarin yaaa. Makasiiih.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: