Samadya

“Hiduplah secukupnya saja,” kata seorang lelaki tua kepada saya di metromini siang ini.

Sungguh.. Saya tertegun.

Lantas menerawangkan saya pada makna hidup di madyapada peringatan tahun baru Jawa 1 Syuro. Bahwa hidup itu menganjurkan agar manusia tidak ngaya lan ngangsa (melangkah berlebih-lebihan atau bahasa ABG-nya ‘lebay’). Tetapi, melangkahlah samadya (secukupnya) saja.

Kalau tidak hidup samadya, tetapi ngaya lan ngangsa, maka manusia akan menjadi manusia yang rumangsa bisa (merasa bisa), tetapi justru ora bisa rumangsa (tidak bisa merasa).

Pikiran saya makin melanglang buana. Tiba di ranah politik lagi rupanya. Simpul-simpul input itu terakhir membawa saya pada kondisi perpolitikan negara (melamunpun saya jatuhnya politik lagi, beraaat). Omong-omong soal ora bisa rumangsa, itulah yang kini, oh bukan, dari dulu menimpa para elit politik di negeri dagelan sana.

Elit politik sekarang besar dalam akal dan pikirannya, tetapi kerdil dalam nurani dan perasaannya. Kebesaran akal tanpa rasa ini dalam bahasa Jawa disebut gedhe gombong, kebesaran yang kosong melompong. Karena itu, kendati besar, hebat, dan kaya, elit politik negeri dagelan mudah goyang (digoyang) dan hidupnya tak tenang. Kasihan..

[Ya lebih lengkapnya tengok sajalah berita teman-teman di DPR Vs istana sana]

Situasi elit politik itu kontras berlawanan dengan hidup rakyat, hidup lelaki tua di mentromini, atau juga tetangga kos-kosan saya. Di tengah serba krisis begini, rakyat kecil tidak terlalu kelabakan. Lho? Iya, potret lelaki tua itulah yang jadi umpama.

Bahwa hidup rakyat kecil memang serba kekurangan. Tetapi, mereka berusaha agar mereka tidak mati kelaparan. Mereka merasa cukup dan tenang, karena mau hidup samadya saja. Lelaki tua sederhana di metromini itu umpamanya. Entah dia siapa, pengemis-kah? Pemilik saham BUMI-kah? Atau elit politik-kah? Yang jelas ia menanggalkan perilaku yang ngaya dan ngangsa, lalu hidup seperti rakyat yang samadya saja.

ik5

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: