Inilah Prosedur Pemakzulan Presiden dan Wapres

Jakarta – Pemakzulan presiden dan wakil presiden sudah diatur dalam konstitusi Undang-undang dasar 1945 amandemen ketiga. Inilah pasal-pasal yang mengatur tentang pemakzulan itu.

MPR hasil Pemilu 1999, telah melakukan empat kali amandemen UUD 1945. Amandemen pertama yang dilaksanakan pada sidang umum MPR tahun 1999, membatasi masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden, tercantum di dalam Pasal 7. Pasal tersebut menetapkan bahwa Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

Pada 9 November 2001 UUD 1945 yang diamandemen, menyebut tentang kedudukan presiden dan wakil presiden. Pada Pasal 7A ditetapkan bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh MPR atas usul DPR, baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum, berupa penghianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden.

Selain pemakzulan presiden dan wakil presiden, inti perubahan pada amandemen ketiga mencakup soal bentuk dan kedaulatan negara, kewenangan MPR, kepresidenan, kuangan negara, kekuasaan kehakiman.

Berikut ini kutipan lengkap pasl-pasal mengenai pemakzulan tersebut.

Pasal 7

Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

Pasal 7A

Presiden dan/atau Wakil Presiden dapat diberhentikan dalam masa jabatannya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat atas usul Dewan Perwakilan Rakyat, baik apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.

[bersambung]. [ikl]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: